Punya Website Sendiri? Ini 5 Cara Agar Diklik Banyak Orang

foto: freepik.com


Kugy Mukhlis

Nuusdo.com – Setiap blogger, penulis atau jurnalis lepas (freelance) yang mengelola website sendiri tentunya menginginkan agar website mereka memiliki banyak pengunjung. Mengingat sekarang ini dengan mudah orang membuat website, maka saingan pun semakin besar.

Akan tetapi, bukan berarti tidak ada cara untuk meningkatkan pengunjung ke website Anda. Semakin banyak pengunjung, tingkat kesuksesan website akan semakin besar.

Jika ingin website yang Anda kelola mendatangkan banyak pengunjung, berikut beberapa tips dari berbagai sumber.

1. Optimasi SEO

Cara ampuh untuk mendatangkan para pengunjung ke website adalah dengan memanfaatkan kata kunci, atau orang mengenalnya dengan SEO (Search Engine Optimizer). Anda bisa dengan mudah menentukan kata kunci mana yang tepat untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari.

Cara meningkatkan on-page SEO adalah sebagai berikut:

Title tag
Buat judul menarik untuk artikel yang akan Anda tulis dan pastikan terdapat kata kunci dalam judul tersebut.

Meta description
Meta description merupakan deskripsi singkat dari halaman web yang ditampilkan di SERP. Tag satu ini juga harus berisikan kata kunci, sehingga ketika si pembaca mencarinya di mesin Google, website Anda akan muncul.

Header tag
Kita sering menjumpai beberapa artikel seperti ini di website. Header tag bertujuan memecah konten menjadi beberapa bagian, sehingga lebih mudah terbaca.

Alt text
Alt text membantu crawler mesin pencari untuk memahami gambar. Cara ini bisa mempermudah pembaca untuk menemukan pencarian mereka.

2. Memanfaatkan media sosial

Media sosial kini menjadi pendukung yang sangat efesien dalam meningkatkan traffic suatu website. Tak heran jika hampir semua pengguna internet sekarang ini mengandalkan media sosial dalam berbagai hal.

READ  Rumitnya Mengecek Hoaks Politik yang Sistematis

Ada beberapa alasan kuat yang membuat media sosial menjadi pendukung yang efesien, yakni:

Media sosial merupakan tempat berbagi
Kemudahan berbagi tersebut didukung oleh fitur sharing yang tersedia di setiap platform media sosial. Jelas ini sangat menguntungkan bagi si pemilik bisnis. Jika mereka menyukai konten Anda, maka dengan sendirinya pengguna media sosial akan membagikannya ke orang lain.

Media sosial merupakan pintu pertama
Postingan di media sosial sangat mempengaruhi minat pengunjung untuk masuk ke website. Buatlah konten-konten yang menarik di Instagram atau Facebook, misalnya, dengan begitu Anda bisa mendorong orang untuk berkunjung ke website.

3. Tulis konten bermutu dan menarik

Konten ibarat jantung bagi setiap website. Jika konten itu menarik dan dibutuhkan orang, maka pengunjung di website Anda akan terus berdatangan. Bahkan dengan sendirinya mereka akan membagikan artikel tersebut.

Ada beberapa cara penulisan konten menarik, diantaranya:

Keyword research
Memanfaatkan kata kunci menjadi modal utama. Pasalnya, pemilihan kata kunci dapat mempengaruhi traffic yang cukup tinggi.

Buat headline yang kuat
Headline yang kuat disebut SERP akan mempermudah orang menemukan apa yang mereka inginkan. Jika menggunakan cara ini maka artikel Anda akan masuk dalam mesin pencarian dengan mudah.

Konten informatif
Biasanya orang mencari sesuatu di mesin pencarian mengenai hal-hal penting. Ketika Anda menuliskan artikel informatif maka bisa menjawab pencarian para pembaca.

Tambahkan gambar dan video
Teks panjang membuat pembaca jenuh. Untuk mengakalinya Anda perlu menambahkan foto dan juga video. Pembacapun memiliki jeda dan akhirnya merasa terhibur.

4. Facebook Ads

Menggunakan Facebook Ads ternyata memiliki pengaruh besar untuk meningkatkan traffic suatu website. Sebuah riset menunjukkan 30 persen marketer menganggap Facebook adalah platform media sosial yang memberikan ROI (return of investment) iklan digital tertinggi. Facebook Ads juga menjadi alternatif yang lebih murah daripada iklan mesin pencari.

READ  14 Tips Meliput Peristiwa Traumatis. Apa Saja?
5. Membuat channel YouTube

Penelitian menunjukkan bahwa 88 persen video yang berperingkat di halaman pertama Google SERP berasal dari Youtube. Oleh karenanya, membuat channel YouTube menjadi keputusan tepat untuk meningkatkan traffic di website Anda.(*)

Baca Juga: